6/17/20

Mengenal Keunikan Pulau Kalimantan

Beberapa dari keunikan tersebut akan saya coba jabarkan melalui tulisan ini, namun keunikan Kalimantan tidak hanya terbatas pada hal-hal yang saya tuliskan berikut ini.

Daftar Isi : [Klik untuk menampilkan]
Pulau-Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga kedunia setelah Pulau Greenland dan Pulau Nugini. Dengan luas 743.330 Kilometer persegi menjadikan Kalimantan sebagai sebuah pulau yang unik dan menjadi tempat tinggal bagi berbagai makhluk hidup endemik Kalimantan, yang tidak terdapat di tempat atau pulau lain.

Sebagai pulau besar, Kalimantan disebut-sebut juga sebagai paru-paru dunia, sebab Kalimantan terkenal dengan Hutan Tropisnya yang begitu lebat.

Keunikan Pulau Kalimantan

Selain dikenal dengan nama Kalimantan, pulau ini juga sering disebut Pulau Borneo. Bahkan dalam penggunaan internasional, nama Borneo lebih banyak digunakan. Kalimantan adalah konteks Indonesianya. Sempat terjadi perdebatan masalah nama pulau ini, dimana saat Pemerintah Republik Indonesia akan memindahkan Ibukota Negara ke pulau ini, netizen asal negeri jiran Malaysia sempat mencuitkan komentarnya di media sosial Twitter soal permintaan Indonesia kepada Google merubah nama Borneo menjadi Kalimantan di Google Maps.

Netizen asal Malaysia tersebut merasa penggunaan nama Kalimantan sebagai penggunaan istilah lokal Indonesia, dirasa akan menghapus nama wilayah dua negara bagian dari Malaysia yakni Sarawak dan Sabah, serta Brunei Darussalam.

Namun apapun namanya, Pulau Kalimantan adalah sebuah pulau unik dan menarik. Berbagai keunikan itu menjadi daya tarik yang khas, yang tidak dimiliki oleh pulau atau wilayah lain dimuka bumi ini.

Beberapa dari keunikan tersebut akan saya coba jabarkan melalui tulisan ini, namun keunikan Kalimantan tidak hanya terbatas pada hal-hal yang saya tuliskan berikut ini.

1. Satu Pulau Tiga Negara

Kalimantan-Punya-Tiga-Negara

Pulau Kalimantan dimiliki oleh 3 negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussallam, dimana wilayah Indonesia menempati lebih dari separuh luas Pulau Kalimantan, yakni 73% dari total luasnya.

Sementara itu Federasi Malaysia menempati 26% bagian Pulau Kalimantan yang terdiri dari dua wilayah negara bagian, yakni Sabah dan Sarawak. Dan negara Brunei Darussallam menempati sekitar 1% dari luas pulau ini.

Di Kalimantan wilayah Indonesia sendiri terdapat 5 Provinsi, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara sebagai provinsi terbungsu yang merupakan pemekaran Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2012.

2. Pulau Seribu Sungai

Sungai-Kapuas-Tayan

Pernah membaca ensiklopedia Indonesia? Apa nama sungai terpanjang di Indonesia? Jawabannya adalah Sungai Kapuas.

Sungai yang memiliki panjang 1.143 Kilometer ini berada di Provinsi Kalimantan Barat, membelah provinsi ini menjadi dua bagian, membentang dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga bermuara ke Selat Karimata.

Selain Kapuas terdapat banyak sungai besar dan panjang lainnya di pulau yang juga terkenal dengan emas hitam atau batubara ini, seperti Sungai Pembuang di Kalimantan Tengah, Sungai Mahakam, Sungai Barito yang ada di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara.

3. Keunikan Budaya

Alat-Musik-Sapek

Budaya di Pulau Kalimantan adalah sebuah budaya yang khas, baik itu berupa keseniannya, maupun budaya adat lainnya.

Budaya Kalimantan yang paling terkenal adalah kebudayaan Rumpun Suku Dayak yang ada di seluruh pulau ini, selain itu ada juga Rumpun Suku Melayu, Banjar, Kutai, Berau dan Tidung.

Keunikan Budaya Kalimantan terletak pada tariannya yang khas, seperti tarian khas Suku Dayak, Tarian Japin Suku Melayu, maupun jenis tarian tradisional lainnya.

Dari seni musik, Kebudayaan Pulau Kalimantan dikenal karena alat musik pek yang bernama sape' atau sapek.

Kebudayaan dari Pulau Kalimantan juga berbentuk rumah adat. Rumah betang atau rumah panjang menjadi salah satu unsur budaya dari pulau ini yang memiliki keunikan tersendiri.

4. Flora dan Fauna Endemik

Anggrek-Hitam

Ada beberapa flora dan fauna endemik pulau Kalimantan, orangutan Kalimantan, bekantan, pesut mahakam maupun burung enggang (rangkong) adalah satwa endemik pulau ini.

Sedangkan tengkawang (Shorea Sp.) dan anggrek hitam menjadi flora yang tak terpisahkan dari ciri khas Kalimantan.

Akan tetapi sangat disayangkan beberapa jenis flora dan fauna endemik ini sangat jarang ditemukan lagi, karena sudah terancam punah.

Keanekaragaman flora dan fauna yang beraneka ragam di pulau Kalimantan karena pulau ini beriklim tropis, sehingga Hutan Hujan Tropis yang ada di pulau ini menjadi rumah khusus bagi flora dan fauna tersebut.

Itu tadi adalah beberapa keunikan dari Pulau Kalimantan, masih ada keunikan lain tentunya yang belum saya bahas melalui tulisan ini, mungkin nanti di lain tulisan akan saya bahas kembali keunikan dari Pulau Kalimantan
Mengenal Keunikan Pulau Kalimantan
4/ 5
By
Comments


EmoticonEmoticon